Membuat
Bonsai Cemara

Mempelajari cara membuat bonsai Cemara termasuk artikel dan video yang menunjukkan cara memangkas, mengkawati dan mengganti media tanam dari sebuah cemara yang berumur sekitar 20 tahun.

Bonsai bisa dibuat dengan beberapa cara berbeda, dari biji (paling tidak dibutuhkan 5 tahun sebelum bisa dibentuk) atau membeli sebuah Bonsai jadi dari pedagang atau online. Cara lain adalah membeli bahan bonsai (dari pedagang bonsai atau pedagang tanaman bila anda beruntung) bisa mendapatkan bahan yang baik. Dengan mengetrapkan teknik seperti pemangkasan, pengawatan dan penggantian media tanam, anda bisa membuat bahan mentah tadi menjadi sebuah Bonsai yang indah.

Dalam artikel ini kami tunjukkan langkah langkah yang diambil untuk membentuk Bonsai dari sebuah Cemara yang agak tua – dengan potensi menjanjikan namun dengan harga sekitar Rp 3.000.000,- Pohon ini berumur sekitar 20 tahun dan telah dipersiapkan untuk dibentuk sebagai Bonsai selama 10 tahun.

Membuat Bonsai Cemara
Tanaman ini sebuah Cemara, umurnya sekitar 20 tahun. Dia punya batang besar bagus dan telah di pot kecil ini selama bertahun tahun. Nampak banyak tunas tunas tumbuh, berarti tanaman ini sehat dan siap untuk dibentuk hari ini..
Membuat Bonsai Cemara
ekarang langkah pertama adalah pemangkasan dan kalau sudah selesai, beberapa cabang akan dikawati..
Membuat Bonsai Cemara
Cabang ini telah tumbuh terlalu besar dan akan dipotong. Sebagai gantinya kita akan menggunakan cabang yang lebih muda, karena mereka masih bisa dibengkokkan dan dibentuk.
Membuat Bonsai Cemara
Untuk membuat pohon nampak sedikit lebih tua, kita kelupas kulit cabang cabang yang dipotong tadi.
Membuat Bonsai Cemara
Ini semua yang telah dipangkas, yang cukup banyak, tetapi pohon ini sangat sehat saat kita mengerjakannya dan pasti dia akan kuat menanggung sekitar 30% sampai 40% dari gerumbul yang dibuang. Langkah berikut adalah pengawatan.
Membuat Bonsai Cemara
Sebelum mulai mengawati, dibuang dulu ranting ranting yang menggantung dan cabang cabang kecil yang tumbuh ke bawah. Pembersihan awal pada cabang cabang akan membuat pengawatan pohon jauh lebih mudah. Carilah sepasang cabang yang kira kira sama besar, dan kawatilah keduanya dengan sepotong kawat.
Membuat Bonsai Cemara
Mulailah mengawati cabang cabang utama, dan berangsur teruskan ke seluruh pohon. Cabang yang lebih kecil, lebih kurus butuh kawat lebih tipis juga.
Membuat Bonsai Cemara
Kita siapkan pot, dengan menutup lubang pembuangan air dengan kasa. Juga kita kaitkan dia kawat panjang, yang akan digunakan untuk mengikat pohon erat erat dengan pot.
Membuat Bonsai Cemara
Pohon ini tumbuh dalam campuran media tanam yang sebagian dari bahan organik, Nanti, secara perlahan kita akan mengganti tanah yang lama dengan yang baru, campuran media tanam non organik.
Membuat Bonsai Cemara
Media tanam yang kita pakai adalah campuran dari Akadama, pasir malang dan batu apung.
Membuat Bonsai Cemara
Baiklah, kita sudah selesai membentuk pohon ini.

Membuat Bonsai Cemara (YouTube)

Teruskan penjelajahan

Aqua Bonsai

Aqua Bonsai

Bonsai tumbuh hanya di air?

Aqua Bonsai
Bag end

Bag end

Versi miniatur dari Bag End

Bag end
10 Terbaik

10 Terbaik

Bonsai Terbaik

10 Terbaik

Master the art of Bonsai

Master the art of Bonsai
Triangle
Overview of our courses

Master the art of Bonsai

Online Bonsai Courses Learn from leading Bonsai experts at your own pace, from the comfort of your living room!